

Rename layer background ke 'BG'.
Masuk ke Palet Channel, cari channel mana yg mampu menampilkan warna paling putih pada bagian dinding bangunan, klik kanan pada channel tersebut, dan buat duplikatnya. beri nama Salju1.

Masih di channel Salju 1, kita akan menambahkan Curves, tekan Ctrl+M untu membuka Window Curve. Kemudian klik di sembarang tempat untuk membuat titik pertama, lalu ganti Output jd 227, Input jd 154. Klik lagi di tempat lain untuk bikin titik kedua, dan ganti Output ke 33, Input jd 48.

Berikut ini adalah poin penting dari keseluruhan langkah. Ctrl + klik pada channel Salju1 untuk menampilkan seleksi. Dengan Seleksi masih aktif, buka kembali palet layer dan bikin layer baru. lalu dobel klik pada Foreground Color dan masukkan Kode warna #e6e6e6. Lalu tekan ALT + Backspace untuk mengisi seleksi dengan warna tersebut. lalu tekan Ctrl + D untuk deselect.


Sekarang kita telah membuat sebagian besar area langit dan bangunan serta tebing menjadi bersalju, selanjutnya dengan menggunakan eraser tool kita akan mengurangi ketebalan salju pada dinding bangunan, set opacity dari eraser tool ke 50 %.

Rename Layer ini menjadi LayerSalju1. Nah sekarang kita akan membuat pohon dan rumput2 menjadi lebih snowy. Kita akan menggunakan teknik yg sm seperti sebelumnya. Aktifkan lagi palet Channel lalu duplikat channel Green dan beri nama Salju2.

Tekan Ctrl + M untuk menampilkan Window Curve.Kemudian klik di sembarang tempat untuk membuat titik pertama, lalu ganti Output jd 135, Input jd 91. Klik lagi di tempat lain untuk bikin titik kedua, dan ganti Output ke 51, Input jd 43.

Ctrl + klik pada channel Salju2 untuk menampilkan seleksi. Dengan Seleksi masih aktif, buka kembali palet layer dan bikin layer baru. lalu dobel klik pada Foreground Color dan masukkan Kode warna #e6e6e6. Lalu tekan ALT + Backspace untuk mengisi seleksi dengan warna tersebut. lalu tekan Ctrl + D untuk deselect.
Tambahkan layer mask pada layer tersebut dan isi mask-nya dengan warna hitam murni.

Alasan kenapa layer salju2 diberi mask adalah supaya kita bisa bisa membatasi area mana yang akan diliputi salju, dalam hal ini adalah pohon2 dan rumput2, gunakan Brush Tool dan pilih warna foreground putih.
Langkah terakhir kita akan menambahkan Adjustment Layer. tambahkan adj Layer Hue/Saturation dan ubah Saturation ke -15. kemudian tambahkan Adj. layer tipe Color balance dan ubah nilai RGB Midtone menjadi R: -5, G: 0, B: +5. Lalu Highlight R: 5, G: 0, B: +5 . Terakhir Shadows R: 0, G: 0, B:+5.

Masuk ke Palet Channel, cari channel mana yg mampu menampilkan warna paling putih pada bagian dinding bangunan, klik kanan pada channel tersebut, dan buat duplikatnya. beri nama Salju1.

Masih di channel Salju 1, kita akan menambahkan Curves, tekan Ctrl+M untu membuka Window Curve. Kemudian klik di sembarang tempat untuk membuat titik pertama, lalu ganti Output jd 227, Input jd 154. Klik lagi di tempat lain untuk bikin titik kedua, dan ganti Output ke 33, Input jd 48.

Berikut ini adalah poin penting dari keseluruhan langkah. Ctrl + klik pada channel Salju1 untuk menampilkan seleksi. Dengan Seleksi masih aktif, buka kembali palet layer dan bikin layer baru. lalu dobel klik pada Foreground Color dan masukkan Kode warna #e6e6e6. Lalu tekan ALT + Backspace untuk mengisi seleksi dengan warna tersebut. lalu tekan Ctrl + D untuk deselect.


Sekarang kita telah membuat sebagian besar area langit dan bangunan serta tebing menjadi bersalju, selanjutnya dengan menggunakan eraser tool kita akan mengurangi ketebalan salju pada dinding bangunan, set opacity dari eraser tool ke 50 %.

Rename Layer ini menjadi LayerSalju1. Nah sekarang kita akan membuat pohon dan rumput2 menjadi lebih snowy. Kita akan menggunakan teknik yg sm seperti sebelumnya. Aktifkan lagi palet Channel lalu duplikat channel Green dan beri nama Salju2.

Tekan Ctrl + M untuk menampilkan Window Curve.Kemudian klik di sembarang tempat untuk membuat titik pertama, lalu ganti Output jd 135, Input jd 91. Klik lagi di tempat lain untuk bikin titik kedua, dan ganti Output ke 51, Input jd 43.

Ctrl + klik pada channel Salju2 untuk menampilkan seleksi. Dengan Seleksi masih aktif, buka kembali palet layer dan bikin layer baru. lalu dobel klik pada Foreground Color dan masukkan Kode warna #e6e6e6. Lalu tekan ALT + Backspace untuk mengisi seleksi dengan warna tersebut. lalu tekan Ctrl + D untuk deselect.
Tambahkan layer mask pada layer tersebut dan isi mask-nya dengan warna hitam murni.

Alasan kenapa layer salju2 diberi mask adalah supaya kita bisa bisa membatasi area mana yang akan diliputi salju, dalam hal ini adalah pohon2 dan rumput2, gunakan Brush Tool dan pilih warna foreground putih.
Langkah terakhir kita akan menambahkan Adjustment Layer. tambahkan adj Layer Hue/Saturation dan ubah Saturation ke -15. kemudian tambahkan Adj. layer tipe Color balance dan ubah nilai RGB Midtone menjadi R: -5, G: 0, B: +5. Lalu Highlight R: 5, G: 0, B: +5 . Terakhir Shadows R: 0, G: 0, B:+5.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar